04 Januari 2008

Bertemu Kembali (5) - Jempol Keriting

Biasa kalau anak remaja lagi jengkel hati lalu saling tidak menyapa alias jothakan ( bhs. Jawa Tengah). Termasuk temanku Paula, yang ketika hari Senin (waktunya ada upacara bendera) datang ke sekolah dengan muka kusut tapi seragamnya licin, pamit minta ijin untuk tidak ikut upacara (jabatanku apa sih ya, kok sampai ijinpun ke aku?) . Dasar jahil, sambil senyum-senyum kubilang: iya .. iya .. tapi jangan mecucu (monyong) gitu, aku sudah maklum kenapa kamu tidak bisa ikut upacara ! Hasilnya: hampir sebulan aku dijothak tak disapa. Padahal waktu ada ulangan, kami saling pengen tanya-tanya juga jawaban soal-soalnya. Itulah masa remaja.
Bertahun-tahun kemudian, pada suatu sore sepulang kerja (kenapa jadi macam novel angkatan 45), aku lagi tiduran, telepon berbunyi. Suara cewek di seberang sana : Benar ini rumah bapak .... Paromo Suko ? – Ya, betul! – Ini Paromo Suko? – ( sompret! tanpa ’bapak’ lagi!) – Ya, maaf, ini dengan siapa?
– Wooooooo, kowe ki digoleki wong sak dunia, ra ngrasakke, ndelik nang Suroboyo ra kondo-kondo. Kowe ki digoleki konco-konco !
Aku tidak menterjemahkan berondongan tadi, soalnya kalau diterjemahkan jadi nggak asyik lagi.
Siapa ya? Untung arithmatical and logical unit di otakku cukup canggih. Model omongan dan intonasi beginian ini hanya satu di dunia, teman SMA-ku : Paula, yang dulu ketika pelajaran sedang ditinggal pak Guru, rambutnya yang berkelabang pernah kuikat karet berpasangan dengan kelabang teman di sebelahnya. Paula korban candaku yang ke sekian-belasnya.
Akhirnya:
Beberapa jam kemudian keluarga kami mendapatkan kehormatan dikunjungi oleh beliau berdua: Paula Eunike Tri Mulyani Daandel (begitu namanya yang kuingat waktu sekolah dulu) berdua dengan suaminya, mas Budiman.
Dan karena itu pula kemudian tali silaturahmi kembali terhubung dengan teman-teman yang lain. Kami dan teman-teman bikin klub sms terbuka, namanya : Jempol Keriting, dan beliau adalah Sekretaris Jenderalnya merangkap Humas dan Inspekturnya dan Segalanya (jabatan opo maneeeeeh iki ......)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar