03 November 2008

Kaki-Tangan


Tengah malam yang sepi dan dingin di Tretes. Teman-teman kru pembahas rencana anggaran tahun 2000 sudah masuk kamar untuk tidur, ada yang masih terdengar gremang-gremeng ngobrol di dalam kamarnya. Wedang kopi dan tahu-tempe goreng yang cemepak di samping komputer tinggal sebiji-dua. Tadi saya ‘colong’ dari dapurnya mess waktu makan malam. Bu Darning, tukang masak mess yang ngonangi saya nyolong malah menawarkan untuk digorengkan lagi dari jatah persiapan makan pagi.

Jenuh kutak-katik angka, saya dengerin lagu-lagu lamanya Chrisye sambil kelaap-kelooop berdialog dengan diri-sendiri. Dan inilah hasil saya menyendiri malam itu, di Tretes 22 Juni 1999 ....



Kalau tidak terbaca, judul lagunya ‘ Ketika Tangan dan Kaki Berkata’ ciptaan Taufik Ismail yang dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.
Tampilan tersebut sempat saya jadikan wall-paper di komputer saya untuk beberapa lama.


Salam untuk semua.

16 komentar:

  1. Wah, Pakdhe Paramo Suko, nembe wekdal punika saged mampir ing blog Panjenengan. Luncuran sakin blog-ipun Mbah Suro.

    Sowan mriki langsung dipun segahi wallpaper ingkang suka pemut dhateng sangkan lan paraning gesang umat manungsa. Sanadyan taksih dereng ical pupuk lempuyang ing bun-bunan kula, nanging kula rumaos syair punika estu kraos ngujiwat ing manah, bergema seperti suara dari ujung sana yang terdengar di kekinisinian...

    Sangsaya ngeh, menawi syair punika kawaos kanthi kairing gendhing "Tlutur" ingkang saged dipun download saking blog kula: BornJavanese

    BalasHapus
  2. matur nuwun, mas
    bok-bilih boten klentu, gendhing tlutur punika ingkang kapundhut dening swargi ki nartosabdo dados pangiring tindakipun dateng pasareyan rikala swargi seda

    BalasHapus
  3. Kanjeng Paromosuko

    Tanpa mengurangi penghargaan saya kepada almarhum Chrisye, secara emosional saya jadi jauh dengan lagu2nya karena peristiwa ketika dia minum darah segar kelinci hidup yang disembelih di panggung di Malang. Coba saya akan merenungkan lagu2nya tanpa mengingat darah kelinci itu.

    BalasHapus
  4. untuk yang satu ini, maaa'af saya benar2 gaptek.....

    BalasHapus
  5. @ ki ageng: setahu saya, peminum darah kelinci itu seorang rocker bernama micky jaguar dari band bentoel malang pd th 70an
    @eyang: ah, eyang ini bisa ajah! bagian mananya ya?

    BalasHapus
  6. wah.. pakde.. bahasanya saya banyak yang gak ngerti nih jawanya.. hehehe.. maklum, ngaku jawa tapi ya ga bisa jawa yang halus.. hehehe...
    lama saya tidak berkunjung, mohon maaf lahir batin ya pak..
    PS: saya juga sukaaaa banget lagu chrisye ...
    kapan2 kalo sempet monggo main ke blogdetik saya...

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum

    Pak, terima kasih atas komentarnya di blog saya. Tadinya saya kira orang lain, rupanya Bapak yang memberi komentar.....Terima kasih banyak pak

    Wah, membaca postingan berjudul kaki-tangan ini, saya jadi teringat masa masa kerja di 'kebun' dulu, sebelum kuliah lagi. Kadang - kadang hidup kita di bawah dilema...kadang - kadang timbul pertanyaan, karena kita tidak berwenang mempertanyakan keputusan atasan dan harus mengamankan kepentingan atasan atau mengamankan orang yang ingin dilindungi atasan, kalau ada sesuatu yang tidak sesuai di hati, tetapi kita lakukan, bagaimana status dari tindakan kita tersebut?.....selain itu, saya merasa banyak melakukan kelakuan yang sebenarnya secara finansial atau teknis tidak merugikan perusahaan tetapi secara nonfinansial/nonteknis ya......
    Lagunya bagus pak, membawa untuk mereflesikan balik perjalanan hidup dan kehidupan. Mudah - mudahan Allah menerima permohonan taubat kita.

    Wassalam

    BalasHapus
  8. @shanti: saya tkadang malu 'pamer' kejawaan saya, krn cuma suka masakannya doang....
    mampir? sering, non, cuman ga ninggalin komen, posting2mu banyak bikin gua speechless
    @robby: bung, rupanya di holland juga kuliah mengasah ketajaman nurani (eh, macam iklan partai aja), sukses bung

    BalasHapus
  9. luar biasa mas
    http://asephd.co.cc

    BalasHapus
  10. @kang asep: blog anda asyik juga, trims

    BalasHapus
  11. salam
    Hmm pakde bisa mellow dan sentimentil juga ya, dan lebih hebatnya lagi dalam lingkup kerelijiusan bukan romansa cintah *wealah ngomong apa toh kulo* :)

    BalasHapus
  12. opo iyo, to?
    yang bagian romansah cintah sudah adah yang mengkaplingnyah, ney
    sayah nyang inih sajah, thank's

    BalasHapus
  13. Yen arep "nyolong" ngajak-ajak Mas, dosane ditanggung bareng-bareng....
    Masih suka menyendiri Mas?

    BalasHapus
  14. @mbah: nyolong perhatian? ayo!

    BalasHapus
  15. Romo, sampun nggrantes kados puniko, cobi dipun waos malih buku karangan thenmasmoko yang berjudul WAKE UP. ing salah satunggal sub bab wonten ulasan ngengingi REBAB. Mangke sasampunipun ngembangaken masalah REBAB kolowau Romo mesti Romo saget ngleremaken manah. Maketen Romo atur kawulo, Nuwun sewu mawon mboten kathah-kathah

    BalasHapus
  16. saya ndak rumongso nggrantes babarblas, mas,
    malah merasa adhem slem-slem denger lagu itu

    BalasHapus