04 Oktober 2012

aku ingin mengajarmu untuk jadi orang berilmu



seharian aku mengajari kalian matematika, anak-anakku
seharian aku mengajarimu ilmu fisika
berbulan-bulan dan bertahun-tahun aku mengajarimu
hingga kalian pintar
dan terkadang putus-asa lantaran merasa tak mampu mencernanya

kita bangga sekolah kita menjadi sekolah berstandar dunia
kita berbesar hati lantaran masih ada saja yang belajar ke sini
kita bangga lantaran teman-teman pendahulumu ada yang
jadi tokoh negeri
jadi selebriti
bekerja di maskapai luar negeri
jadi tki sukses dan membangun rumahnya di kampung bak istana mimpi

anak-anakku,
aku mengajarmu segala ilmu
seperti  seharusnya dilakukan seorang guru
begitulah aturannya
agar kalian menjadi yang nomor satu

aku mengajarmu segala ilmu
seperti yang dituntut oleh orang-tuamu
agar kalian menjadi yang nomor satu
di tengah persaingan yang semakin seru

anak-anakku,
ketika aku belajar dulu,
guruku tidak mengajarku untuk menjadi yang nomor satu
karena guru dari guruku mengajarinya begitu
karena orang-tuaku menyekolahkanku untuk jadi
orang berilmu
yang berguna bagi nusa dan bangsa
berbakti kepada orang tua
hormat kepada guru

anak-anakku
dulu
di akhir hari, ketika murid mulai mengantuk
guruku mendongengkan  cerita-cerita lama
tentang binatang dan segala perilakunya
tentang manusia dan segala perilakunya
yang sampai sekarang aku masih mengingatnya
anak-anakku,
andai bisa, aku juga ingin mendongeng untuk kalian
andai bisa aku ingin semua guru juga melakukannya
andai bisa aku ingin pak kepala sekolah membolehkannya
andai bisa aku ingin pak dirjen mengaturnya
andai bisa aku ingin pak presiden memerintahkannya

agar kalian tak hanya pintar saja
tapi juga punya hati
nurani

agar aku tak bersedih hati
agar orang-tua temanmu tak bersedih hati
membaca berita, 
temanmu mati muda karena pisau temanmu yang lain juga

anak-anakku
kapan kita bisa bercengkerama

3 komentar:

  1. Salam..
    Pakdeeeeeeeeeeeee!!!!
    lama tak bersua...kangennya!!
    btw soal ajar mengajari, aku berusaha ga nuntut anak2 nomor satu juga Pakde, yang penting mereka bisa bawa diri dalam kehidupannya. bermanfaat buat orang lain dan jika aku sudah tak ada mereka sudi terus mendoakan aku :). gitu aja.

    BalasHapus
  2. apa kabar?
    kata guruku yang orang sangat jawa:
    apapun yang kau lakukan, lakukanlah dengan cara yang leres, lurus dan laras
    sederhana banget
    salam, ney
    nulis terus ya

    BalasHapus
  3. Tul mas.. pasti sluman slumun slamet

    BalasHapus