24 September 2010

Pelat Merah

Benar juga komentar banyak orang bahwa salah-satu penyebab semakin macetnya jalanan adalah iring-iringan mobil pejabat yang mendapatkan prioritas lewat.
Kemarin, ketika saya berada di tengah antrian kendaraan yang berjalan merambat, terdengar suara sirene menggeram-geram berat dan putus-putus (seram) berseling dengan bunyi nguing-nguing dari arah belakang, saya pikir ada patroli polantas berbarengan dengan mobil ambulans. Kebetulan saya ada di jajaran mepet pinggir jalan sehingga tidak terlalu merasa wajib memberi jalan kecuali melambatkan lagi laju kendaraan saya (yang sebenarnya sudah sangat lambat)

Ketika lewat, ternyata adalah kawal polantas untuk satu mobil pelat merah. Hanya satu!
Ya ampuun, sekilas terbayang bahwa pak pejabat itu terlambat bangun atau isterinya yang nyalon sanggul terlalu lama sehingga musti ngejar waktu untuk hadir di acara tertentu.
Ternyata setelah terbaca nomor pelatnya, ternyata pak pejabat itu tetangga saya sendiri! Tetangga saya yang sekarang menjadi salah satu pejabat penting dan tempat kerjanya tidak terlalu jauh dari tempat kerja yang saya tuju.

Tahu begitu tadi mestinya saya numpang jalan saja dari rumah.

Kira-kira boleh numpang jalan di mobilnya enggak ya? Kalau boleh, lumayan kan, nggak kena macet sehingga bisa lebih cepat nyampe.
Tapi jangan-jangan beliau sudah lupa bahwa saya adalah salah-satu diantara beberapa tetangganya......

Jangan ngelunjak aaaaaahhhh............., pake mau numpang segala! Kamu kan manusia pelat kuning, masa mau numpang naik mobil pelat merah.


.

6 komentar:

  1. Mas Suko, saya kepingin jadi pejabat penting tapi seumur-umur nggak kesampean dan nggak bakalan kesampean. Terus terang ngiri saya .

    BalasHapus
  2. Saya bukan pejabat, tapi montor saya masih pakai sirine dan lampu rotator. Nek kepepet sirine tak bunyiin. wongnekat.com

    BalasHapus
  3. Salam
    hehe..yang seharusnya dilayani bukannya rakyat? *sigh.. :D

    BalasHapus
  4. Kadang beliau para pejabat ini tidak merasa sebagai bagian dari masyarakat keseluruhan. Mereka harus dapat privilege, di jalan, di antrian nganten, di bandara, di WC. Beratnya kalau sudah turun dan masih memimpikan fasilitas itu. Salam Ki Ageng

    BalasHapus
  5. enak lo pelat merah bensin ga pernah beli

    BalasHapus
  6. pak ugeng:
    wah, ntar kasihan blognya pak! ra kopen!!!
    mbah suro:
    tenan! nekat! (hihik, aku yo pengen niru jeee!)
    nenyok:
    bukaaaaaaaaaannnnnn!!!! (koor sama-sama)
    ki ageng:
    sebelum turun malah ada yang harus jadi warga lembaga pemasyarakatan dengan segala fasilitas dan ketenarannya
    koh bie loeng:
    kan kita to, nyang mbelikno bensine, mosok situne lupa to?

    BalasHapus